Rabu, 13 Juni 2012

Tips dan trik untuk musisi / pemain musik sebelum rekaman, mixing dan mastering


Untuk para pemain musik, anda perlu mengetahui, kalau sebuah musik / lagu yang bisa tersampaikan dengan baik ke pendengar itu adalah hasil "kerja sama" antara Sound Engineering (SE) atau yang lebih kita kenal dengan sebuatan operator (dari tracking, editing, mixing, sampai mastering) dengan para musisi / pemain musik...

kerjasama yang baik menghasilkan hasil yang baik... Benar tidak?!?

anda ingin membuat sebuah demo??,
atau bahkan sebuah album yang mempunyai kualitas yang bagus??
Silahkan membaca artikel dibawah ini... :)

1. JANGAN BERPIKIR BAHWA ADA SEBUAH KEAJAIBAN DI STUDIO
Terlepas dari sebuah teori, sering banget para musisi / pemain musik berpikir kalau seorang Sound Engineering itu seperti tukang sihir yang apa bila sudah memutar-mutar kenob rack / mixer, click mouse di sana di sini dan, "tadaaaaa"....
Jadilah sebuah lagu yang pasti enak di dengar, bersih, jelas artikulasi di setiap instrument, dan pasti terdengar seperti yang kita bayangkan...
hhaa... dan itu semua tidak benar. jangan sekali-kali berpikir seperti itu.

Walau pun anda recording / rekaman di studio-studio besar, bahkan studio yang ada di luar negeri yang mempunyai alat-alat yang sangat-sangat-sangat-sangat mahal, mempunyai speaker monitor yang benar-benar flat, original software seharga puluhan juta, mixer yang mempunyai ratusan channel (emang ada yah??) dengan brand terkenal, bertumpuk-tumpuk rack yang satu rack nya bisa berisi puluhan hardware analog maupun digital (kira-kira tingginya bisa sampai 12 meter Wow ) microphone dengan bentuk yang aneh dan mungkin hanya beberapa studio yang mampu membelinya

tapi bro...

Music Education

"THE PIANIST" (2002)
 MOVIE RECOMMENDATION 
"THE PIANIST" adalah sebuah film yang diproduksi pada tahun 2002 yang disutradarai oleh Roman Polanski.
Film ini diinspirasi dari sebuah memoir karangan Wladyslaw Spilzman (Adrien Brody), seorang pianis Yahudi Polandia. Film ini juga mendapatkan anugerah Palme d'Or di Festival Film Cannes. Dan juga mendapatkan Penghargaan Oscar.

SINOPSIS

 
Wladyslaw Spilzman (Adrien Brody) adalah seorang pianis Yahudi Polandia yang terkenal, bekerja di Radio Polandia. Pada bulan September tahun 1939, stasiun radio dibom oleh serangan Nazi Jerman. Dia pulang kampung dan menyadari bahwa Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman. Dia pun percaya kalau perang akan selesai secepatnya dan keluarganya pun bahagia. Sebagai seorang musisi, Spilzman berpikir ia tetap bisa bekerja sebagai pemain piano di restoran, karena seorang artis masih dihormati.
 

6 Keuntungan Bermain Piano Bagi Vokalis


Saya selalu menganjurkan vokalis untuk bisa memainkan alat harmoni khususnya piano. Tidak perlu bisa bermain seperti seorang pianis, tetapi cukup sampai bisa mengiringi diri sendiri. Ada beberapa keuntungan yang bisa diraih dari kemampuan bermain piano, maka dari itu mahasiswa vokal di mana-mana biasanya wajib mengambil kelas minor piano. Berikut ini beberapa keuntungan tersebut.

#1 Melatih pendengaran dan pitch
Suara manusia tidak dituning seperti alat musik. Dengan bermain piano, telinga kita akan terbiasa dengan tuning standar, dan memperkecil kemungkinan menyanyi fals.

#2 Melatih sense of harmony
Suara manusia adalah single line melody instrument. Artinya suara kita sendiri tidak bisa membentuk kord. Dengan bermain piano, sense of harmony kita akan terlatih. Minor, major, diminished, dsb akan tergambar dengan jelas. Sangat membantu dalam berimprov, adlibs, dan aransemen pecah suara.

#3 Memperdalam pengetahuan teori
Dengan bermain piano mau tidak mau kita belajar tentang bagaimana membangun kord, apa itu inversi, interval, dsb. Apalagi tuts piano yang berjejer di depan mata, ada hitam dan putih, tidak seperti gitar sehingga secara visual jelas.

#4 Memudahkan proses kreatif
Banyak penyanyi yang menulis lagu hanya melodi saja dan harus tergantung kepada seorang pianis untuk menentukan harmoni dan kord. Dengan bermain piano kita memiliki kebebasan dalam menulis.

#5 Bisa mengajar tanpa bantuan
Seorang guru vokal sebaiknya bisa mengiringi muridnya. Walau dalam pengajar kadang ditemani pianis, paling tidak jika pianisnya berhalangan tidak menjadi masalah bagi guru tsb.

#6 Bisa memberi arahan yang jelas pada band pengiring
Seorang vokalis juga harus mampu menjadi band leader karena bagaimanapun dia harus diiringi musisi lain. Dengan bermain piano vokalis memiliki bahasa yang sama dengan pemain instrumen sehingga memudahkan komunikasi.
Jika anda belum bisa bermain piano, mulailah belajar, it’s totally worth the effort. Dan tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Selamat berlatih! :-)

Cara Menggunakan Efek Yang Baik ( Sebagian KeciL )



Bagian baru ini tentang mendapatkan suara yang baik dari amp, apa efek pedal melakukan apa dan bagaimana menggunakannya. Pastikan bahwa Anda pergi dan memeriksa mereka sendiri. Kebanyakan toko musik tidak akan keberatan jika Anda pergi bersama dan mencoba sekelompok pedal atau ampli, hanya tidak mengambil mick dan berada di sana bermain keras sepanjang hari. Anda mungkin ingin mencetak catatan di bawah ini sehingga Anda tahu apa tombol-tombol untuk memutarkan bila Anda berada di toko. Mungkin memberi Anda ide yang baik dari apa yang harus minta juga.

Tone Kontrol (biasanya di amp, tetapi juga pada efek)

Treble - adalah jumlah high end di suara. pengaturan yang tinggi ini akan membuat suara yang sangat tajam dan jernih. Ini akan membuat suara jari dan benang keras dan membuatnya scratchier. Biasa set sekitar 5-6, berhati-hatilah dengan pengaturan yang lebih tinggi karena dapat membuat suara terlalu keras atau hanya tidak menyenangkan.
Tengah - Ini adalah kontrol ini yang paling penting. Tengah (mid) pengaturan dapat mengubah seluruh karakter suara. Mengambil Pertengahan keluar (setelan rendah 2-3) akan memberikan cukup rock suara sedangkan pengaturan pertengahan lebih tinggi akan membuatnya lebih "Honky". Hati-hati dengan pertengahan, itu biasanya ditetapkan sekitar antara 3-4, hal yang biasa untuk memilikinya diatur lebih tinggi dari 5-6.
Bass - biasanya ditetapkan sekitar 6-7 atau lebih, ini akan menambah low end atau suara bass. Pada beberapa ampli Anda akan perlu untuk mengatur ini lebih tinggi atau suara akan tipis. Pada amp sangat kecil sulit untuk mendapatkan banyak bass dalam suara karena speaker terlalu kecil untuk membuat mereka!
Filter / Tone / Contour - Mengatur semua pengaturan di atas dalam satu tombol. Biasanya ini mengubah frekuensi pertengahan dan menambahkan bass, tetapi mereka bervariasi. Kenali setiap unit yang menggunakan kontrol ini dan percobaan untuk mencari tahu apa yang mereka lakukan.
Parametric EQ - ini adalah jenis yang lebih profesional di mana 3 tombol kontrol EQ (equalizer) atau Nada. Salah satu kontrol frekuensi yang akan diatur, satu mengatur apakah frekuensi bertambah atau berkurang dalam volume, kontrol terakhir (kadang-kadang ditinggalkan) (disebut Q) adalah bagaimana luas area frekuensi berubah (hanya 90-100Hz disesuaikan atau 70-120Hz disesuaikan). Mereka mengambil beberapa pekerjaan yang harus digunakan dengan benar namun bentuk terbaik eq.

PentingNya InTOnasi DaLAm BerMAin MUSIK


Intonasi adalah cara frekuensi ditugaskan untuk catatan individu dalam kinerja sepotong musik. Intonasi harus beroperasi dalam dilepaskan dari batas yang menjamin bahwa makna dasar dari sepotong akan dipertahankan sebagai contoh, sepertiga kecil harus lebih kecil dari sepertiga besar. Dalam batas ini, intonasi memberikan kemungkinan yang cukup ekspresif. Peran intonasi dalam musik performing analog dengan peran pengucapan dalam membaca puisi. Pengucapan beroperasi dalam batas-batas yang menjamin bahwa makna dasar dari puisi itu akan dipertahankan: misalnya, `` mol''harus diucapkan jelas dari laki-laki''`` Dalam batas-batas ini, ada ruang untuk aksen pembicara, kualitas vokal. , ekspresi dan emosional.
Bagaimana kemungkinan ekspresif intonasi? Berikut adalah beberapa. Intonasi dapat digunakan untuk ``''warna atau memberikan mood musik. Secara historis, ada minat banyak di intonasi cara dapat memberikan suasana hati yang berbeda untuk musik di kunci yang berbeda , misalnya melalui penggunaan kelas laras disebut temperamen baik. Meskipun suasana yang mengajarkan intonasi tidak terjadi''`` pada waktu tertentu, intonasi tidak mempengaruhi makna peristiwa musik tertentu. Sebuah keprihatinan contoh penting melodi langkah ke atas dari lapangan yang berfungsi sebagai nada terkemuka. Semakin tinggi intonasi nada terkemuka ini, semakin tarik terhadap pitch di atas dirasakan. Karena fungsi lapangan di atasnya biasanya sebagai semacam tonik lokal, tarik ini dapat membantu meningkatkan irama dan menetapkan nada suara .

nada rendah terkemuka cenderung memberikan membosankan''`` suara ke musik. Intonasi juga memiliki efek mendalam pada peristiwa harmonik. Hal ini dapat menentukan seberapa disonan harmoni yang disonan adalah, dan betapa konsonan harmoni konsonan ini. consonances ekstrim dapat berguna untuk mempromosikan rasa ketenangan dan resolusi dalam musik, dan dapat berfungsi untuk meningkatkan kontras dengan dissonances.